Mata Pelajaran | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bahasa Sunda (Kelas VII) | Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian. ![]() Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceriterakan tokoh, dan bercakap-cakap dengan teman. | Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman : dibacakeun) |
Menceriterakan pengalaman | ||
Menceriterakan tokoh idola | ||
Paguneman jeung babaturan | ||
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman biografi, sajak, dan menulis cerita. | Menulis pengalaman | |
Menulis biografi singkat | ||
Nulis karangan bahasan | ||
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk atau jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan cerita pendek | Membaca teks percakapan (paguneman dialog) | |
Maca dongeng aau cerita buhun | ||
Bahasa Sunda (kelas VIII) | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana lirik (rumpaka) lagu, biografi dan pembacaan bahasan. | Menyimak lirik (rumpaka) lagu-lagu kawih (dinyanyikan langsung atau rekaman) |
Menyimak pembacaan wacana tentang pahlawan/perjuangan | ||
Menyimak bahasan tentang jenis-jenis kesenian daerah | ||
Mampu mengungkapkan pikiran perasaan dan keinginan secara lisan dalam berwawancara, berdiskusi, menyampaikan informasi, menyampaikan laporan perjalanan, memadu acara dan memadu diskusi | Berwawncara dengan nara sumber | |
Berdebat dalam diskusi | ||
Menyampaikan informasi | ||
Menyampaikan laporan perjalanan | ||
Memadu acara kegiatan | ||
Memimpin diskusi | ||
Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana puisi sawer, cerita wawancara, sajak dan karangan argumentasi | Membaca teks puisi sawer | |
Membaca penggalan cerita wawacan | ||
Membacakan puisi poetry reading | ||
Membaca pemahaman | ||
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis sisindiran, surat, essey, dan guguritan | Menulis sisindiran | |
Menulis surat | ||
Menulis essey | ||
Menulis laporan | ||
Menulis guguritan | ||
Bahasa Sunda (kelas IX) | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan berupa pidato (biantara) | Menyimak pidato (biantara) lewat radio, televisi, ataupun langsung |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keingnan secara lisan dalam mengritik karya seni | Mengkritik karya seni | |
Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai wacana berupa artikel | Membaca artikel | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis surat resmi | Menulis surat dines | |
Mampu menyimak memahami, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana puisi tembang | Menyimak tembang | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis naskah pidato (biantara) | Menulis naskah pidato (biantara) | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam menyampaikan pidato (biantara) di kelas | Berpdato (biantara) di kelas | |
Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana naskh drama | Membaca naskah drama | |
Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi bacaan wacana cerita (carita pondok) | Menyimak carita pondok | |
Mulok BAHASA SUNDA | ||
Mata Pelajaran | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bahasa Sunda (Kelas VII) | Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian. ![]() | Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman : dibacakeun) |
Menceriterakan pengalaman | ||
Menceriterakan tokoh idola | ||
Paguneman jeung babaturan | ||
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman biografi, sajak, dan menulis cerita. | Menulis pengalaman | |
Menulis biografi singkat | ||
Nulis karangan bahasan | ||
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk atau jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan cerita pendek | Membaca teks percakapan (paguneman dialog) | |
Maca dongeng aau cerita buhun | ||
Bahasa Sunda (kelas VIII) | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana lirik (rumpaka) lagu, bigrfi dan pembacaan bahasan. | Menyimak lirik (rumpaka) lagu-lagu kawih (dinyanyikan langsung atau rekaman) |
Menyimak pembacaan wacana tentang pahlawan/perjuangan | ||
Menyimak bahasan tentang jnis-jenis kesenian daerah | ||
Mampu mengungkapkan pikiran perasaan dan keinginan secara lisan dalam berwawancara, berdiskusi, menyampaikan informasi, menyampaikan laporan perjalanan, memadu acara dan memadu diskusi | Berwawncara dengan nara sumber | |
Berdebat dalam diskusi | ||
Menyampaikan informasi | ||
Menyampaikan laporan perjalanan | ||
Memadu acara kegiatan | ||
Memimpin diskusi | ||
Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana puisi sawer, cerita wawancara, sajak dan karangan argumentasi | Membaca teks puisi sawer | |
Membaca penggalan cerita wawacan | ||
Membacakan puisi poetry reading | ||
Membaca pemahaman | ||
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis sisindiran, surat, essey, dan guguritn | Menulis sisindiran | |
Menulis surat | ||
Menulis essey | ||
Menulis laporan | ||
Menulis guguritan | ||
Bahasa Sunda (kelas IX) | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan berupa pidato (biantara) | Menyimak pidato (biantara) lwat radio, televisi, ataupun langsung |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keingnan secara lisan dalam mengritk karya seni | Mengriitik karya seni | |
Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai wacana berupa artikel | Membaca artkel | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis surat resmi | Menulis surat dines | |
Mampu menyimak memahami, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana puisi tembang | Menyimak tembang | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis naskah pidato (biantara) | Menulis naskah pidato (biantara) | |
Mampu mengungkapkan pikran, prasaan dan keinginan scara lisan dalam menyampaikan pidato (biantara) di kelas | Berpidato (biantara) di kelas | |
Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana naskh drama | Membaca naskah drama | |
Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi bacaan wacana cerita (carita pondok) | Menyimak carita pondok |
Selasa, 23 Agustus 2011
RPP
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar