Mata Pelajaran | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bahasa Sunda (Kelas VII) | Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceriterakan tokoh, dan bercakap-cakap dengan teman. | Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman : dibacakeun) |
Menceriterakan pengalaman | ||
Menceriterakan tokoh idola | ||
Paguneman jeung babaturan | ||
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman biografi, sajak, dan menulis cerita. | Menulis pengalaman | |
Menulis biografi singkat | ||
Nulis karangan bahasan | ||
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk atau jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan cerita pendek | Membaca teks percakapan (paguneman dialog) | |
Maca dongeng aau cerita buhun | ||
Bahasa Sunda (kelas VIII) | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana lirik (rumpaka) lagu, biografi dan pembacaan bahasan. | Menyimak lirik (rumpaka) lagu-lagu kawih (dinyanyikan langsung atau rekaman) |
Menyimak pembacaan wacana tentang pahlawan/perjuangan | ||
Menyimak bahasan tentang jenis-jenis kesenian daerah | ||
Mampu mengungkapkan pikiran perasaan dan keinginan secara lisan dalam berwawancara, berdiskusi, menyampaikan informasi, menyampaikan laporan perjalanan, memadu acara dan memadu diskusi | Berwawncara dengan nara sumber | |
Berdebat dalam diskusi | ||
Menyampaikan informasi | ||
Menyampaikan laporan perjalanan | ||
Memadu acara kegiatan | ||
Memimpin diskusi | ||
Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana puisi sawer, cerita wawancara, sajak dan karangan argumentasi | Membaca teks puisi sawer | |
Membaca penggalan cerita wawacan | ||
Membacakan puisi poetry reading | ||
Membaca pemahaman | ||
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis sisindiran, surat, essey, dan guguritan | Menulis sisindiran | |
Menulis surat | ||
Menulis essey | ||
Menulis laporan | ||
Menulis guguritan | ||
Bahasa Sunda (kelas IX) | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan berupa pidato (biantara) | Menyimak pidato (biantara) lewat radio, televisi, ataupun langsung |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keingnan secara lisan dalam mengritik karya seni | Mengkritik karya seni | |
Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai wacana berupa artikel | Membaca artikel | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis surat resmi | Menulis surat dines | |
Mampu menyimak memahami, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana puisi tembang | Menyimak tembang | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis naskah pidato (biantara) | Menulis naskah pidato (biantara) | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam menyampaikan pidato (biantara) di kelas | Berpdato (biantara) di kelas | |
Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana naskh drama | Membaca naskah drama | |
Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi bacaan wacana cerita (carita pondok) | Menyimak carita pondok | |
Mulok BAHASA SUNDA | ||
Mata Pelajaran | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Bahasa Sunda (Kelas VII) | Mampu menyimak, memahami dan menanggapi berbagai wacana percakapan, dongeng dan pupujian. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam bercerita tentang pengalaman, menyampaikan pengumuman, bertelepon, menyampaikan bahasan, menceriterakan tokoh, dan bercakap-cakap dengan teman. | Menyimak penggalan-penggalan percakapan (rekaman : dibacakeun) |
Menceriterakan pengalaman | ||
Menceriterakan tokoh idola | ||
Paguneman jeung babaturan | ||
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis pengalaman biografi, sajak, dan menulis cerita. | Menulis pengalaman | |
Menulis biografi singkat | ||
Nulis karangan bahasan | ||
Mampu membaca, memahami dan menanggapi bentuk atau jenis wacana sejarah lokal/babad, wacana percakapan, wacana dongeng dan cerita pendek | Membaca teks percakapan (paguneman dialog) | |
Maca dongeng aau cerita buhun | ||
Bahasa Sunda (kelas VIII) | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana lirik (rumpaka) lagu, bigrfi dan pembacaan bahasan. | Menyimak lirik (rumpaka) lagu-lagu kawih (dinyanyikan langsung atau rekaman) |
Menyimak pembacaan wacana tentang pahlawan/perjuangan | ||
Menyimak bahasan tentang jnis-jenis kesenian daerah | ||
Mampu mengungkapkan pikiran perasaan dan keinginan secara lisan dalam berwawancara, berdiskusi, menyampaikan informasi, menyampaikan laporan perjalanan, memadu acara dan memadu diskusi | Berwawncara dengan nara sumber | |
Berdebat dalam diskusi | ||
Menyampaikan informasi | ||
Menyampaikan laporan perjalanan | ||
Memadu acara kegiatan | ||
Memimpin diskusi | ||
Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana puisi sawer, cerita wawancara, sajak dan karangan argumentasi | Membaca teks puisi sawer | |
Membaca penggalan cerita wawacan | ||
Membacakan puisi poetry reading | ||
Membaca pemahaman | ||
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis sisindiran, surat, essey, dan guguritn | Menulis sisindiran | |
Menulis surat | ||
Menulis essey | ||
Menulis laporan | ||
Menulis guguritan | ||
Bahasa Sunda (kelas IX) | Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi wacana lisan berupa pidato (biantara) | Menyimak pidato (biantara) lwat radio, televisi, ataupun langsung |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keingnan secara lisan dalam mengritk karya seni | Mengriitik karya seni | |
Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai wacana berupa artikel | Membaca artkel | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis surat resmi | Menulis surat dines | |
Mampu menyimak memahami, memahami, dan menanggapi pembacaan berbagai wacana puisi tembang | Menyimak tembang | |
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis naskah pidato (biantara) | Menulis naskah pidato (biantara) | |
Mampu mengungkapkan pikran, prasaan dan keinginan scara lisan dalam menyampaikan pidato (biantara) di kelas | Berpidato (biantara) di kelas | |
Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai wacana naskh drama | Membaca naskah drama | |
Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi bacaan wacana cerita (carita pondok) | Menyimak carita pondok |
Selasa, 23 Agustus 2011
RPP
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar